10 Top Skill Paling Dibutuhkan Dunia Kerja di Tahun 2022, Kamu Sudah Punya?
10 Top Skill Paling Dibutuhkan Dunia Kerja di Tahun 2022, Kamu Sudah Punya? | TopKarir.com

Tahun 2021 sebentar lagi akan berakhir, di tahun ini roda ekonomi di beberapa negara termasuk Indonesia perlahan kembali pulih setelah di tahun sebelumnya diterpa krisis akibat pandemi.

 

Bank Indonesia (BI) yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2021 berada di kisaran 3,5% hingga 4,3%. 

 

Seiring kebangkitan ekonomi nasional, kini banyak perusahaan yang kembali membutuhkan karyawan. Tentunya perusahaan mencari kandidat yang punya skill kekinian dan bisa beradaptasi dengan perubahan yang cepat.

 

Laporan berjudul Future of Jobs Report 2018 yang dirilis oleh World Economic Forum menyebutkan terdapat 10 skill yang akan tumbuh di tahun 2022.

 

Kira-kira skill apa aja ya yang akan semakin dibutuhkan dunia kerja di tahun 2022 nanti? Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri untuk karir di tahun depan yang jauh lebih hebat.

 

1. Berpikir Analitis dan Inovatif

Kemampuan yang satu ini dibutuhkan untuk memahami suatu masalah sehingga bisa memunculkan ide dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

 

Nggak cuma di 2022 aja, skill ini akan terus dibutuhkan di masa mendatang. Pasalnya, karyawan yang mampu berpikir analitis akan menghasilkan ide-ide inovatif yang membantu pertumbuhan perusahaan.

 

2. Strategi Pembelajaran Aktif

Seorang profesional nggak harus memiliki kecerdasan tinggi untuk bisa sukses, yang terpenting mau banyak belajar.

 

Pekerjaan yang dibutuhkan di masa depan nanti seperti digital marketing atau software developer membutuhkan kombinasi dari berbagai keterampilan.

 

Kamu harus bisa memanfaatkan kegiatan seperti membaca, menulis, diskusi, atau pemecahan masalah, yang bisa mendorong kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi.

 

3. Kreativitas, Orisinalitas dan Inisiatif

Kreativitas pastinya udah nggak asing lagi di telinga kamu kan? Skill ini bukan hanya dibutuhkan di bidang seni dan desain aja lho.

 

Di tahun 2022 kreativitas sudah jadi skill wajib untuk bekal kamu bekerja di bidang apapun, hal ini berkaitan erat dengan inovasi.

 

Seperti yang sebelumnya dibahas setiap perusahaan membutuhkan inovasi untuk mengembangkan bisnisnya, dan inovasi lahir salah satunya dari pemikiran kreatif dan pengaplikasiannya.

 

Selain kreativitas, orisinalitas juga dibutuhkan untuk melahirkan ide-ide segar yang datang dari pemikiran kamu. Serta inisiatif yang dilihat dari kemauanmu dalam menghadapi tantangan dan keberanian mengambil peran. 

 

4. Desain Teknologi dan Pemrograman

Seiring pertumbuhan teknologi, kebutuhan industri akan talenta IT juga semakin dicari. Skill desain teknologi dan pemrograman gak terlepas dari profesi di ranah ini.

 

Saat seorang software developer mendesain dan merancang program komputer, programmer menulis kode yang mengubah desain tersebut menjadi serangkaian instruksi yang dapat dibaca oleh komputer.

 

Mereka menguji program berulang kali sampai bebas kesalahan. Evaluasi program akan terus dilakukan melalui pembaharuan dan penyesuaian kebutuhan.

 

5. Berpikir Kritis

Buat pencari kerja “jaman now”, berpikir kritis atau dikenal dengan critical thinking juga jadi skill yang harus dimiliki.

 

Secara umum, berpikir selain diartikan sebagai proses berpikir mendalam, logis dan rasional, juga mencakup kemampuan untuk mengevaluasi diri.

 

Kemampuan ini akan mendorong kamu jadi bijak dan tepat dalam mengambil keputusan.

 

6. Pemecahan Masalah Kompleks

Selanjutnya di tahun 2022 nanti, perusahaan juga akan mempertimbangkan kemampuan problem solving dari setiap kandidat.

 

Pemecahan masalah secara kompleks diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menganalisis dan mengidentifikasi masalah untuk menemukan solusi yang efektif dalam pemecahan masalah tersebut.

 

Skill ini jadi sangat diperlukan dalam dunia kerja karena di dalamnya kamu akan berhadapan dengan berbagai tantangan dan masalah yang harus kamu selesaikan.

 

7. Leadership dan Pengaruh Sosial

Kepemimpinan juga jadi skill yang gak kalah pentingnya lho, bahkan dalam beberapa tahun belakang keterampilan ini sudah jadi salah satu aspek skill yang dinilai HRD.

 

Seseorang dengan kemampuan leadership yang baik akan mendorong performa yang optimal dalam tim, organisasi dan perusahaan tempatnya bekerja.

 

Saat berada di lingkungan profesional, kamu akan bekerja dalam sebuah tim yang mengharuskanmu untuk punya pengaruh sosial agar setiap gagasan bisa didengar dan diterima.

 

8. Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional (EQ) secara umum diartikan sebagai kemampuan untuk memahami, mengendalikan, dan mengevaluasi emosi.

 

IQ dan EQ sudah tidak bisa dipisahkan. Untuk bisa meraih kesuksesan, bermodalkan kecerdasan intelektual (IQ) aja tidaklah cukup, kontrol emosi yang baik juga diperlukan.

 

Kecerdasan emosi erat kaitanya dengan hubungan di lingkungan sosial, dimana saat terjun di dunia kerja, kamu juga akan berhadapan dengan manusia lain.

 

Kecerdasan emosi yang diasah dengan baik akan membantumu dalam bekerja sama dan membangun relasi positif di lingkungan kerja. 

 

9. Resiliensi dan Adaptabilitas

Resiliensi adalah kemampuan untuk bangkit dan pulih ketika sesuatu tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi/harapan.

 

Soft skill ini akan membantumu dalam menghadapi situasi sulit dan mampu belajar dari keadaan yang kurang baik. Sehingga kamu bisa terus berjalan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

 

Selain itu kemampuan adaptasi saat ini juga sangat dibutuhkan mengingat perubahan kondisi terjadi begitu cepat dan kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi kedepan. 

 

Mau nggak mau kita harus bisa menyesuaikan diri dan menghadapi perubahan tersebut agar tetap bertahan.

 

10. Analisis Sistem dan Evaluasi

Ketergantungan industri akan teknologi semakin membuka banyak peluang untuk pekerja yang memiliki kemampuan analisis sistem dan evaluasi.

 

Dalam praktiknya kamu akan memeriksa proses teknologi dan memastikan semua berjalan secara efektif sesuai tujuan dan strategi bisnis perusahaan.

 

Evaluasi yang dilakukan dalam praktek analisis sistem ditujukan untuk mengimplementasikan sistem teknologi baru yang dibutuhkan oleh perusahaan agar lebih efisien.

 

Itu tadi 10 skill yang akan sangat dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2022 mendatang. Apa kamu sudah mulai mengasahnya?

 

Kalau mau jadi talenta unggulan di tahun depan, kembangin kompetensimu dan belajar untuk menguasai berbagai skill yang sudah disebutkan tadi.

 

Kamu bisa belajar dengan mudah lewat fitur pelatihan online TopEdu yang berisi materi lengkap untuk ngembangin soft skill dan hard skill kamu.

 

Temukan dan mulai pelatihan online yang kamu butuhkan di TopEdu sekarang juga. Dan siapkan diri #JadiLebihHebat untuk jadi talenta kerja terkuat.


Artikel Lainnya...
Komentar
Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.