5 Bidang Kerja Freelance Ini Cocok untuk Tambah Penghasilan
5 Bidang Kerja Freelance Ini Cocok untuk Tambah Penghasilan | TopKarir.com

Punya pekerjaan tetap tapi merasa penghasilan belum memadai? Solusinya adalah dengan mencari pekerjaan sampingan yang sedikit lebih santai soal waktu. Dan pilihan paling tepat adalah menjadi pekerja freelance.

 

Jam kerja yang fleksibel dan tidak terikat aturan kantor yang ketat membuat pekerjaan freelance kini sangat diburu. Per Agustus 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada sekitar 33,34 juta orang freelancer di Tanah Air dan angka ini terus bertambah.

 

Banyak kelebihan yang diberikan dari kerja freelance. Pekerja lepas tidak harus bermacet-macetan di jalan untuk pergi ke kantor atau tidak perlu mengeluarkan uang setiap hari untuk makan siang.

 

Selain menghemat uang dan waktu, freelancer juga bebas memilih tempat bekerja yang disukai. Entah hanya menetap di rumah, pergi ke kafe atau co-working space untuk mencari suasana berbeda.

5 Profesi Freelance untuk Tambah Penghasilan

Profesi freelance di Indonesia sejatinya sangat banyak dari berbagai sektor. Nah, berikut 5 pilihan kerja freelance yang bisa kamu coba untuk menambah penghasilan. Bahkan beberapa di antaranya memungkinkan freelancer untuk mendapat bayaran yang cukup besar.

1. Content Writer

Sampai hari ini, penulis konten masih menjadi salah satu pekerjaan freelance yang paling diminati. Penulis lepas biasanya akan diminta membuat sejumlah tulisan untuk menaikkan traffic sebuah website.

 

Menulis juga tidak memerlukan modal banyak. Cukup alat untuk membuat tulisan seperti laptop atau komputer dan kemampuan menulis kreatif dengan kaidah dan tata bahasa yang baik.

 

2. Copywriter

Hampir sama dengan content writer, copywriter juga diminta untuk membuat sejumlah tulisan yang diperlukan klien. Bedanya, copywriting bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk secara implisit maupun eksplisit.

 

Penulis harus bisa mempersuasi pembaca agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Namun, copywriting tidak selalu berbentuk tulisan tapi juga bisa dalam bentuk gambar atau video.

3. Desain Grafis

Selain menulis, pekerjaan freelance yang diburu lainnya yakni desain grafis. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian menggambar, mendesain dan tentu saja kreativitas tinggi. Oleh karena itu, desain grafis termasuk salah satu pekerjaan freelance dengan bayaran yang cukup tinggi.

 

Beberapa produk kerja yang dibuat desain grafis antara lain seperti ilustrasi, logo, poster, banner, flyer hingga konten untuk media sosial. Sama seperti penulis, desainer grafis juga selalu dibutuhkan oleh hampir semua jenis perusahaan.

4. Translator/Penerjemah

Banyaknya perusahaan asing yang masuk ke Tanah Air membuat peluang kerja sebagai translator atau penerjemah semakin besar. Bentuk tugas penerjemah pun beragam. 

 

Ada yang menjadi interpreter perusahaan untuk berkomunikasi dengan klien dari negara lain. Ada juga yang bertugas menerjemahkan dialog film, drama atau buku. 

 

Selain bahasa Inggris, penerjemah bahasa Mandarin dan bahasa Korea juga beberapa tahun belakangan sedang banyak dicari. Tidak hanya fasih bahasa asing, memiliki pengalaman bekerja di perusahaan multinasional bisa jadi poin tambahan. 

5. Ahli SEO

Di era digital seperti sekarang ini, persaingan antar website semakin sengit. Mereka ingin menduduki posisi nomor satu di mesin pencari.

 

Di sinilah fungsi seorang dengan keahlian SEO dibutuhkan. Mereka akan membantu mengoptimasi website sebuah perusahaan dengan sejumlah teknik seperti backlink, riset keyword dan masih banyak lagi.

 

Beberapa tahun belakangan, profesi SEO memang sedang 'cantik' dan tidak bisa dianggap remeh. Bahkan banyak perusahaan yang berani membayar mahal seorang ahli SEO.

 

Itulah beberapa profesi freelance yang bisa dijadikan pekerjaan sampingan untuk kamu yang ingin memiliki tambahan penghasilan. Jangan lupa pilih bidang yang sesuai dengan kemampuanmu. Siapkan pula portofolio agar perusahaan tidak ragu memilihmu.


Artikel Lainnya...
Komentar
Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.