7 Tips Lancar Interview Kerja Bahasa Inggris Biar Auto Lolos!
7 Tips Lancar Interview Kerja Bahasa Inggris Biar Auto Lolos! | TopKarir.com

Interview kerja memang bisa jadi momen menegangkan, apalagi jika dilakukan dalam Bahasa Inggris. Bagi kita yang bukan seorang English native speaker, hal ini menjadi tantangan yang sangat besar.

 

Interview menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari saja sudah terasa menegangkan. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa lancar menjalani interview bahasa inggris meski kemampuanmu tergolong pas-pasan.

 

Seperti halnya interview kerja dalam Bahasa Indonesia, interview menggunakan Bahasa Inggris juga punya pertanyaan yang umum ditanyakan. Kamu bisa mempelajarinya biar proses interview berjalan lancar.

 

Tips Lancar Interview Kerja dalam Bahasa Inggris

Dapat panggilan interview dari perusahaan multinasional dan bakal menjalani prosesnya menggunakan bahasa Inggris? Pertama-tama kami ucapkan selamat! Proses interview merupakan langkah pertama untuk mendapatkan pekerjaan impian.

 

Lalu bagaimana caranya menjalani proses interview dengan Bahasa Inggris biar lolos ke tahap selanjutnya? Tenang, kami rangkum tujuh tips yang bisa kamu ikuti. 

 

1. Cari tahu lebih dalam tentang perusahaan yang dilamar

Riset lebih dalam tentang perusahaan yang dilamar. Gali informasi lewat situs resmi, media sosial, dan sumber-sumber lain tentang perusahaan tersebut. Pelajari latar belakang perusahaan, bahkan siapa-siapa saja orang penting di dalamnya.

 

Persiapkan diri kamu secara matang dengan informasi-informasi tersebut. Kalau istilahnya sih, tak kenal maka tak sayang. Semakin kamu mengenal perusahaan tersebut, bakal semakin lancar pula proses interview nantinya.

 

2. Latihan pengucapan dalam bahasa Inggris

Latih pengucapan kamu dalam bahasa Inggris. Beberapa kosakata dalam bahasa memang Inggris bisa sangat sulit untuk diucapkan. Salah pengucapan bisa berpotensi salah makna.

 

Latih pengucapakan ini dengan mendengarkan video di YouTube untuk mendengar aksen bahasa inggris yang berbeda-beda, dan ulangi dengan mengucapkan apa yang kamu dengar.

 

Perhatikan juga kecepatan berbicara, tidak perlu terlalu cepat. Jangan ragu juga untuk meminta bantuan teman atau keluarga saat melatih pengucapan dan minta mereka untuk memberikan pendapat.

 

3. Mempelajari contoh pertanyaan interview kerja dalam bahasa Inggris

Pelajari pertanyaan-pertanyaan yang berpotensi ditanyakan oleh HRD dan user. Pertanyaan-pertanyaan ini bisa kamu temukan lewat situs-situs yang tersedia di internet. Ada beberapa pertanyaan yang memang umum ditanyakan.

 

Jadi, kamu bisa mempersiapkan jawabannya agar lancar ketika proses interview berlangsung. Dengan mempelajari contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja kamu juga bakal terlatih untuk terbiasa menggunakan bahasa Inggris yang formal.

 

Hindari menjawab dengan bahasa Inggris yang kurang formal seperti yang mungkin sering kamu dengar dalam film dan lagu, hingga dalam video-video youtuber asing.

 

4. Jawab singkat dan padat

Jawab pertanyaan dengan singkat dan padat, namun tetap informatif. Fokus pada apa yang ditanyakan. Jangan berikan terlalu banyak informasi yang tidak berkaitan dengan yang diminta pada pertanyaan.

 

Meski begitu, jangan pula menjawab terlalu singkat sehingga pesan yang dimaksud tidak sampai dengan baik. Dengarkan dengan hati-hati apa yang ditanyakan interviewer.

 

Gunakan kalimat yang singkat dan mudah, tidak perlu menggunakan kata-kata yang sulit demi terlihat pintar. Cukup gunakan kata-kata yang mudah dimengerti, agar pesan tersampaikan dengan baik.

 

5. Perhatikan bahasa tubuh

Selain bahasa yang dikeluarkan lewat ucapan, bahasa tubuh juga harus diperhatikan. Manfaatkan komunikasi nonverbal saat interview.

 

Pastikan kamu tersenyum dan memberikan perhatian pada proses interview itu dengan menganggukkan kepala, misalnya. 

 

Gunakan juga busana yang sopan dan rapi. Hal ini menunjukkan keseriusanmu dalam mengikuti proses interview.

 

6. Percaya diri

Jika kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik, percayalah dengan kemampuan diri sendiri. Bicara dan jawab pertanyaan dengan percaya diri. Tetap tenang, ketika gugup datang coba tarik napas yang dalam.

 

Ingat bahwa kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Tidak tenang malah bisa bikin kamu tidak fokus bahkan nge-blank dan memberikan impresi yang negatif kepada interviewer.

 

Jika kamu memang belum terlalu lancar, jujur saja dan katakan kamu sedang dalam proses untuk melatih bahasa Inggris kamu menjadi lebih baik lagi.

 

7. Jangan ragu untuk bertanya

Jika pertanyaan yang diberikan kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya. Tidak perlu malu, bertanya bukan berarti kamu tidak layak untuk pekerjaan tersebut.

 

Tinggal di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, wajar jika kamu sedikit tidak lancar menggunakannya.

 

Tunjukkan bahwa kamu antusias untuk belajar untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Semoga berhasil, ya!

 

Selain belajar desain grafis, yuk intip tips dan informasi karir lainnya di sini. Temukan juga lowongan pekerjaan dan bangun karir impianmu di JatimCerdas.id.


Artikel Lainnya...
Komentar
Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.