Cara Membuat Action Plan Untuk Mencapai Target Bisnis
Cara Membuat Action Plan Untuk Mencapai Target Bisnis | TopKarir.com

Mencapai target dalam berbisnis bukanlah hal yang mudah, terutama bagi kamu yang baru menjalankan bisnis. Target bisnis yang kita tuju harus didampingi oleh sebuah strategi agar target tersebut tercapai. Untuk itu, perlu bagi kamu dalam menyusun sebuah rencana atau biasa disebut dengan action plan.

Action plan adalah sebuah rencana yang disusun dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan sasaran strategisnya. Action plan dirumuskan dalam sebuah langkah besar yang akan dilaksanakan di masa depan untuk mewujudkan sasaran strategis dalam bisnis.

Tujuan dari pembuatan action plan yaitu mengidentifikasikan apa saja yang harus dilakukan, dan juga menguji dan membuktikan bahwa sasaran atau target yang dibuat tercapai sesuai waktu yang ditentukan. Tidak hanya itu, action plan memudahkan komunikasi antara masing-masing unit kerja dalam sebuah organisasi.

Jadi, action plan sangat diperlukan untuk mencapai sasaran atau target bisnis. Berikut adalah tips membuat action plan yang baik:

1.  Tetapkan Sebuah Tujuan

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menetapkan sebuah tujuan dengan jelas. Hal ini penting dilakukan karena dengan tujuan yang jelas maka kamu dapat menguraikan langkah-langkah yang lebih akurat untuk mencapai target yang kamu buat.

Tujuan yang dibuat haruslah spesifik, measurable atau dapat diukur, relevant atau tujuan haruslah relevan dengan kemampuan, minat dan kebutuhan bisnis kamu. Selanjutnya attainable atau pastikan tujuan yang kamu buat itu dapat dicapai. Dan yang terakhir adalah time based atau tenggat waktu untuk mencapai tujuan yang telah dibangun.



 2.  Buat Rencana Tindakan

Setelah tujuan telah ditetapkan, hal yang selanjutnya harus kamu lakukan adalah membuat uraian daftar tugas atau sebuah tindakan yang perlu kamu lakukan untuk mencapai tujuan yang telah dibuat.

Uraikan tujuan utama kamu ke dalam tujuan yang lebih kecil, sehingga tindakan yang dilakukan tidak terdampak terlalu berat dan kamu masih tetap bersemangat untuk mencapai tujuan tersebut secara perlahan dan selangkah demi selangkah.

 3.  Membuat Kategori Perencanaan

Untuk membuat perencanaan bisnis yang baik, kamu perlu juga membuat kategori dalam merencanakan tujuan bisnis kamu. Kategori perencanaan strategis yaitu adanya analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Pembuatan kategori ini mempermudah kamu dalam mengenai bisnis sekaligus peluang-peluang yang ada di dalamnya. Perencanaan bisnis ini merupakan hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis kamu agar berjalan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai.

 4.  Buat Timeline

Selanjutnya adalah tentukan timeline atau tenggat waktu untuk menyelesaikan setiap tugas dalam proses mencapai sebuah tujuan. Dengan menentukan tenggat waktu kamu bisa memantau setiap tugasnya dengan baik, sehingga kamu dapat menyelesaikan semua tugas dengan konsisten. Buatlah timeline dengan sebaik-baiknya, perhatikan tujuan dalam jangka pendek dan panjang. Jangan sampai timeline yang kamu buat tidak sesuai dengan penyelesaian tugas.

5.  Pantau Setiap Perkembangan

Setelah membuat daftar setiap tugas dengan detail, hal yang kamu harus lakukan adalah memantau setiap tugas yang dijalankan sesuai dengan timeline yang diberikan. Buatlah laporan setiap tugas yang telah diselesaikan, untuk melihat sejauh mana perkembangan kamu untuk mencapai tujuan tersebut.

Sudah baca penjelasan bagaimana cara membuat action plan di atas? Jika sudah, yuk coba membuat action plan yang baik untuk bisnis kamu. Buatlah action plan dengan sebaik-baiknya agar bisnis yang kamu jalankan sesuai dengan tujuan yang kamu harapkan. Jangan pernah pesimis dalam melakukan apa yang kamu buat dalam action plan bisnis kamu, karena semuanya perlu proses untuk mencapai tujuan tersebut.

Itu lah cara membuat action plan guna mencapai target bisnis. Masih banyak artikel tips karir yang bermanfaat dari NU Career. Jangan lupa registrasi ke NU Career untuk menemukan pekerjaan impianmu.


Artikel Lainnya...
Komentar
Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.