Ini Contoh Surat Resign yang Baik untuk Mengundurkan Diri
Ini Contoh Surat Resign yang Baik untuk Mengundurkan Diri | TopKarir.com

Jika ingin mengundurkan diri dari perusahaan, tentunya Anda perlu membuat surat resign atau surat pengunduran diri yang sesuai dengan etika kerja. Contoh surat resign yang baik dan benar pada umumnya tidak memiliki standar atau format khusus. Namun, dalam pembuatannya, ada beberapa komponen yang wajib Anda tulis, seperti data diri hingga alasan mengapa Anda memilih untuk mengundurkan diri. 

 

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat resign adalah mencantumkan tujuan atau alasan yang logis untuk mengundurkan diri. Gunakan Bahasa Indonesia yang baku dan sopan. Sertakan identitas diri yang lengkap dan buat hanya dalam satu halaman, tidak lebih.

 

Surat resign yang baik juga mengandung paragraf berisi permintaan maaf Anda sebagai karyawan karena memutuskan untuk mengundurkan diri. Tuliskan permintaan maaf Anda sebagai pribadi yang mungkin memiliki kesalahan ataupun sebagai karyawan yang belum cukup baik dalam memenuhi tugas. 

Nah, berikut adalah contoh penulisan surat resign yang bisa kamu ikuti.

Contoh surat resign 

Setelah memahami unsur apa saja yang harus ada dalam surat pengunduran diri, berikut contoh surat pengunduran diri yang bisa Anda ikuti.

1. Surat resign secara umum

Jakarta, 1 Agustus 2020

 

Kepada

Yth. Pimpinan

  1. XXXXX

Jakarta

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama: …….

Alamat: …………

Jabatan: ………

Nomor ID: ……….

 

Sehubungan dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung pada tanggal _ /_ /_ karena (sisipkan alasan yang menjadi sebab Anda ingin mengundurkan diri)

 

Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan bekerja secara profesional di perusahaan selama kurang lebih (lama bekerja). Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini diberikan kepada saya sehingga bisa menjadi bekal karier untuk kedepannya. 

 

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Saya juga mohon maaf bila selama ini saya melakukan kesalahan secara sengaja maupun yang tidak sengaja. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

 

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

 

Hormat saya,

 

Tanda tangan

 

(nama jelas)

2. Surat pengunduran diri guru

Jakarta, 1 Agustus 2020

 

Kepada

Yth. Kepala (nama sekolah)

Alamat lengkap sekolah

Jakarta

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama: …….

Alamat: …………

Jabatan: ………

NIP:.........................

 

Secara resmi terhitung semenjak (hari, tanggal, bulan, tahun), saya menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai (jabatan) di (nama sekolah). 

 

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan pihak (nama sekolah) kepala saya untuk dapat mengajar dan mendidik siswa-siswi selama kurang lebih (masa jabatan). Saya juga memohon maaf kepada jajaran guru, komite, para staf dan tidak lupa pimpinan (nama sekolah), bila mana ada salah perbuatan atau perkataan yang kurang berkenan selama saya bekerja di sini.

 

Besar harapan saya untuk (nama sekolah) agar kedepannya dapat terus menjadi sekolah yang berprestasi dan maju di bidang akademik maupun non akademik. 

 

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

 

Hormat saya,

 

Tanda tangan

 

(nama jelas)

NIP


Untuk mendapatkan pekerjaan terbaik lainnya, intip tips karir di sini. Kunjungi situs resmi NU Career di NUCareer.id untuk registrasi dan temukan ratusan lowongan pekerjaan terbaik yang sesuai dengan kualifikasi Anda.


Artikel Lainnya...
Komentar
Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.