IPO Adalah Penawaran Saham Perdana yang Wajib Diketahui
IPO Adalah Penawaran Saham Perdana yang Wajib Diketahui | TopKarir.com

Pernahkah kalian mendengar sebuah perusahaan melakukan IPO? Sebenarnya apa sih itu IPO? Secara singkat IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering yang berarti saham suatu perusahaan yang pertama kali dilepas untuk dijual kepada masyarakat publik.

 

Sebelum kamu membeli saham suatu perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana, Sebaiknya cari tahu dulu info mengenai IPO. Untuk tahu info lebih lanjut mengenai IPO simak artikel dibawah ini.

Apa Itu penawaran umum perdana (IPO)?

IPO adalah proses penawaran saham perusahaan swasta kepada publik dalam penerbitan saham baru. Penerbitan saham publik memungkinkan perusahaan memperoleh modal dari investor publik.

 

Tujuan IPO adalah untuk mendapatkan lebih banyak dana guna memudahkan operasional perusahaan dan mempercepat kegiatan ekspansinya.

 

Masyarakat atau investor dapat menawar, membeli atau menjual saham perusahaan. Oleh karena itu, melalui IPO ini, saham perseroan tidak lagi dimiliki oleh perorangan.

Keuntungan perusahaan dari penawaran umum perdana (IPO)

Tujuan utama dari IPO adalah untuk meningkatkan modal bisnis. Tapi bisa juga datang dengan keuntungan lain seperti: 

  • Perusahaan mendapat akses investasi dari seluruh investor publik untuk meningkatkan modal.
  • Memfasilitasi kesepakatan akuisisi yang lebih mudah (konversi saham). Bisa juga lebih mudah untuk menetapkan nilai target akuisisi jika memiliki saham publik.
  • Transparansi yang meningkat yang disertai dengan pelaporan triwulanan yang diperlukan biasanya dapat membantu perusahaan menerima persyaratan pinjaman kredit yang lebih menguntungkan daripada sebagai perusahaan swasta.
  • Perusahaan publik dapat menghimpun dana tambahan di masa mendatang melalui penawaran sekunder karena sudah memiliki akses ke pasar publik melalui IPO.
  • IPO dapat memberi perusahaan biaya modal yang lebih rendah untuk ekuitas dan hutang.
  • Meningkatkan eksposur, prestise, dan citra publik perusahaan, yang dapat membantu penjualan dan keuntungan perusahaan.

Kekurangan dari penawaran umum perdana (IPO)

Perusahaan mungkin menghadapi beberapa kerugian untuk go public dan berpotensi memilih strategi alternatif. Beberapa kekurangan dari IPO yaitu:

  • Perusahaan yang melakukan IPO akan mengeluarkan biaya yang cukup besar.
  • Perusahaan diharuskan untuk mengungkapkan informasi keuangan, akuntansi, pajak, dan bisnis lainnya. Selama pengungkapan ini, mungkin harus mengungkapkan rahasia dan metode bisnis kepada publik yang dapat membantu pesaing.
  • Peningkatan waktu, tenaga, dan perhatian yang dibutuhkan dari manajemen untuk pelaporan.
  • Risiko kebutuhan pendanaan tidak akan meningkat jika pasar tidak menerima harga IPO.
  • Ada kehilangan kendali dan masalah keagenan karena ada pemegang saham baru yang memperoleh hak suara dan dapat secara efektif mengontrol keputusan perusahaan melalui dewan direksi.
  • Kepemimpinan dan tata kelola yang kaku oleh dewan direksi dapat membuat lebih sulit untuk mempertahankan manajer yang baik yang bersedia mengambil risiko.

Apakah baik membeli saham IPO?

IPO cenderung menarik banyak perhatian media, beberapa di antaranya sengaja diusahakan oleh perusahaan yang go public. Secara umum, IPO populer di kalangan investor karena cenderung menghasilkan pergerakan harga yang fluktuatif pada hari IPO.

 

Hal ini terkadang dapat menghasilkan keuntungan yang besar, meskipun juga dapat menghasilkan kerugian yang besar. Pada akhirnya, investor harus menilai setiap IPO sesuai dengan prospektus perusahaan yang akan go public, serta keadaan keuangan dan toleransi risiko individu mereka.

 

Itu dia penjelasan tentang IPO, dapatkan tips karir terbaik lainnya untuk bekal karirmu di sini. Temukan juga berbagai lowongan kerja yang lagi kamu cari di JatimCerdas.id.


Artikel Lainnya...
Komentar
Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.