Jangan Ragu Ambil Magang Setelah Lulus, Ini Keuntungannya
Jangan Ragu Ambil Magang Setelah Lulus, Ini Keuntungannya | TopKarir.com

Setelah selesai di jenjang pendidikan tentunya kita semua mau cepat-cepat dapat pekerjaan. Tapi, pas coba melamar kerja sana sini, nyatanya mendapat panggilan kerja nggak secepat dan semudah yang dibayangkan.

 

Banyak perusahaan yang mencari kandidat berpengalaman, terus gimana dengan fresh graduate yang sama sekali belum pernah bekerja secara profesional? Jawabannya bisa dengan mengikuti program magang.

 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti program magang, yang pasti bisa jadi bekal dan batu loncatan untuk karir kamu kedepannya.

 

Kamu lagi cari lowongan kerja di wilayah Banyuwangi? Temukan selengkapnya di sini.

 

1. Mendalami profesi dan mengenal detail pekerjaan di sebuah divisi

Selama masa magang kamu akan belajar memahami sebuah profesi, apa saja pekerjaannya, bagaimana cara kerjanya, sampai keterampilan apa yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.

 

 

Berbeda dengan karyawan, sebagai anak magang kamu punya waktu lebih leluasa untuk mempelajari banyak hal. Biasanya seniormu akan memberikan banyak penjelasan, tentang bagaimana menyelesaikan suatu pekerjaan sampai divisi mana aja yang akan bekerja sama denganmu.

 

2. Biar nggak kaget dengan budaya kerja profesional

Jelas dunia kerja itu berbeda dan nggak sesederhana kerja lalu digaji. Meskipun budaya dan lingkungan kerja itu berbeda di setiap perusahaan, kamu bisa belajar menempatkan diri dan mengenal secara garis besar bagaimana sistem kerja di ranah profesional.

 

3. Ini kesempatan kamu belajar dan mengembangkan diri!

Dari magang kamu bisa belajar apa kekuatan dan kelemahanmu, sehingga kamu tau skill apa yang harus dikembangkan. Seniormu akan banyak memberikan feedback dan saran lebih banyak dibanding saat kamu sudah menjadi karyawan nantinya.

 

 

Untuk mendapatkan pembelajaran yang maksimal ajukan pertanyaan jika ada hal yang mau kamu dalami, amati bagaimana seniormu bekerja, dan jangan takut salah, justru kamu bisa belajar dari kesalahan tersebut.

 

Magang juga memberimu kesempatan untuk mengeksplorasi kemampuan. Biasanya sih anak magang akan diberikan pekerjaan yang beragam, supaya bisa menentukan bakat dan potensi kerjamu.

 

Kamu lagi cari lowongan kerja di wilayah Depok? Temukan selengkapnya di sini.

 

4. Kamu akan punya keunggulan di pasar tenaga kerja

Salah satu manfaat magang yang paling penting adalah mendapatkan pengalaman kerja yang memberimu nilai lebih di mata perekrut.

 

Pengalaman magang membuat para lulusan baru lebih dilirik karena biasanya mereka membutuhkan lebih sedikit pelatihan dan terlatih menangani lebih banyak tanggung jawab.

 

5. Rasa kepercayaan diri kamu jadi ikut bertambah

Program magang memberimu kesempatan untuk menunjukkan kemampuan diri, bagaimana melakukan presentasi, berdiskusi, mengajukan ide, dan bekerja sama dengan divisi lain.

 

 

Lewat berbagai kegiatan tersebut, kepercayaan dirimu akan semakin terasah, kamu jadi lebih tau bagaimana menetralisir rasa gugup saat harus dihadapkan pada banyak orang.

 

Sudah siap ikut program magang? Temukan lowongan magang yang cocok buat kamu di sini. Dapatkan juga informasi lowongan kerja terupdate dan rencanakan karir hebatmu di TopKarir. Download aplikasinya gratis di App Store dan Play Store.


Artikel Lainnya...
Komentar
Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.