Pilihan Karier: Macam-macam Profesi di Bidang Komunikasi
Pilihan Karier: Macam-macam Profesi di Bidang Komunikasi | TopKarir.com

Macam-macam profesi yang paling populer di masyarakat salah satunya adalah profesi di bidang komunikasi.

 

Ya, komunikasi mungkin merupakan salah satu bidang pekerjaan yang paling banyak diminati karena bukan hanya membuka banyak peluang kerja, tapi juga menjanjikan pemasukan yang tinggi.

 

Profesi komunikasi juga mencangkup bidang ilmu yang luas lho, bukan hanya secara lisan tapi juga tulisan. Nah, jika kamu salah satu yang berminat fokus di bidang pekerjaan yang satu ini, yuk intip macam-macam profesi komunikasi yang bisa kamu coba.

 

1. Reporter bisnis

Ternyata reporter juga terbagi menjadi beberapa fokus liputan lho, salah satunya Reporter bisnis. Reporter bisnis adalah jurnalis yang bekerja untuk publikasi media online atau cetak dengan bahasan seputar bisnis. 

 

Para reporter bisnis adalah orang yang meliput tren yang berkaitan dengan bisnis di negara tertentu termasuk berita keuangan, berita penting perusahaan, kebijakan ekonomi dan berita pemerintah lainnya yang mungkin mempengaruhi dunia bisnis.

 

Baca juga: 6 Kursus Online Gratis untuk Tingkatkan Skill yang Bisa Dicoba

 

2. Koordinator pemasaran

Koordinator pemasaran bertanggung jawab atas organisasi dan pelaksanaan berbagai aktivitas pemasaran.

 

Mereka mungkin menyelesaikan tugas seperti menyiapkan dan memantau kampanye pemasaran, menganalisis kampanye pemasaran untuk hasil kinerja dan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan tentang strategi dan perhitungan campaign tertentu.

 

3. Copywriter

Copywriter bertanggung jawab untuk mengembangkan dan menulis merek dengan cara yang menarik para audiens dengan tujuan menunjang aktivitas pemasaran sebuah perusahaan.

 

Bergantung pada spesialisasi kerja dan peran, para copywriter umumnya bertugas untuk menulis blog, kampanye iklan, atau slogan merek, email pemasaran, brosur, mendesain papan nama acara, dan banyak lagi lainnya.

 

Baca juga: 7 Tips Sukses Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Beserta Contoh

 

4. Ahli strategi merek

Seorang ahli strategi merek bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi untuk memposisikan merek dengan cara tertentu. Mereka mungkin bekerja secara langsung dengan organisasi atau agensi untuk mencapai tujuan merek.

 

Beberapa dari tujuan ini mungkin termasuk mendapatkan visibilitas, mengubah posisi citra merek, atau mengendalikan nama baik brand yang rusak karena disebabkan oleh insiden atau masalah tertentu.

 

5. Manajer media sosial

Manajer media sosial bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana pemasaran dan periklanan di berbagai platform media sosial. Pekerjaan satu ini diburu kaum millenial yang umumnya tertarik dengan dunia media sosial.

 

Mereka mengembangkan strategi untuk kampanye organik dan berbayar untuk memastikan klien atau perusahaan mereka sukses tergantung pada tujuan pemasaran mereka.

 

Baca juga: Cara Menjawab Interview Kerja yang Baik dan Memikat

 

6. Redaktur pelaksana

Seorang editor pelaksana di sebuah publikasi, situs atau organisasi bertanggung jawab untuk mengelola dan mengawasi semua kegiatan produksi dan publikasi.

 

Mereka mempekerjakan dan memecat staf yang sesuai, menandatangani tata letak akhir dan rencana publikasi, dan membuat rekomendasi akhir tentang keputusan pengeditan utama.

 

7. Manajer pemasaran konten

Manajer pemasaran konten bertanggung jawab untuk mengawasi penawaran konten dari suatu organisasi atau fungsi kepada klien atau basis audiens mereka — ini mungkin termasuk media seperti artikel, video, infografis, dan podcast.

 

Mereka bekerja untuk membuat strategi konten di berbagai platform termasuk situs web, blog, dan media sosial untuk memperluas komunikasi perusahaan dengan cara yang mencapai tujuan pemasaran tertentu seperti adopsi produk.

 

8. Produser web

Produsen web bertanggung jawab untuk memastikan situs web menghasilkan pengalaman  yang terbaik bagi pengguna.

 

Mereka mengembangkan strategi untuk meningkatkan situs web dengan membuat atau mengedit konten, mengubah tata letak halaman, mengatur menu dan tombol, menambah dan menghapus informasi, menyesuaikan navigasi, dan banyak lagi.

 

9. Perencana media sosial

Perencana media sosial mengambil banyak peran berbeda tergantung pada agensi atau perusahaan, seorang perencana media umumnya adalah orang yang mengidentifikasi platform dan waktu media terbaik untuk kampanye periklanan atau pemasaran tertentu.

 

Mereka bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan platform untuk membeli atau menjual tempat dan memproyeksikan kinerja kampanye berdasarkan saluran media.

 

10. Management Event senior

Tugas utama  Management Event Senior adalah untuk mengembangkan, melaksanakan dan membuat acara, rapat atau konferensi berskala kecil dan besar.

 

Perencana acara biasanya bekerja untuk dirinya sendiri dengan basis klien mereka sendiri, atau untuk sebuah organisasi. Ada banyak jenis perencana acara dengan spesialisasi yang berbeda-beda.

 

Baca juga: Tips Sukses Walk In Interview dengan Mempersiapkan 5 Hal Ini

 

11. Spesialis hubungan masyarakat

Spesialis hubungan masyarakat bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi komunikasi publik yang menciptakan identitas merek di mata masyarakat. Spesialis hubungan masyarakat diibaratkan perwakilan/wajah dari sebuah perusahaan.

 

Untuk melakukan ini, rangkaian pekerjaan mereka umumnya menulis rilis pers, membangun hubungan dengan publikasi besar, mengontrol kerusakan jika terjadi peristiwa yang dapat merusak citra merek dan banyak lagi.

 

12. Ahli strategi digital

Ahli strategi digital bertanggung jawab untuk mengembangkan rencana untuk mencapai berbagai tujuan perusahaan yang terkait dengan periklanan dan pemasaran online.

 

Mereka mungkin membuat rencana untuk konten, media sosial, desain situs web, dan lainnya untuk membuat perusahaan sukses berdasarkan audiens dan metrik digital mereka.

 

13. Jurnalis

Seorang jurnalis mengkomunikasikan cerita tentang topik yang mereka kembangkan atau diberikan oleh editor untuk membawa berita penting ke garis depan masyarakat.

 

Mereka mungkin bekerja di berbagai media termasuk podcast, dokumenter, surat kabar, radio, jurnal online, blog, dan lainnya.

 

14. Pembawa berita

Pembawa berita adalah jurnalis yang mungkin bekerja untuk televisi atau sumber online lainnya untuk menyampaikan berita metro, negara bagian, nasional atau internasional.

 

Mereka adalah wajah dari organisasi berita dan bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi dengan cara yang menarik, ringkas, dan jelas.

 

15. Manajer sumber daya manusia

Manajer sumber daya manusia adalah perencana strategis yang berfokus pada kesuksesan tenaga kerja.

 

Mereka bertanggung jawab atas berbagai macam tugas tergantung pada organisasi termasuk pemilihan asuransi, mempekerjakan staf, meningkatkan moral dan mengelola komunikasi di seluruh perusahaan.

 

Temukan lowongan pekerjaan dan bangun karir impianmu di JatimCerdas.id. Intip juga tips dan informasi karir lainnya di sini.


Artikel Lainnya...
Komentar
Login terlebih dahulu jika ingin meninggalkan komentar.